Berlayar ke Pulau Karampuang

 Kegiatan Sahabat Rumah Belajar kali ini lain dari biasanya, selama ini kegiatan sosialisasi Rumah Belajar menyasar sekolah-sekolah yang ada di daratan, kali ini berbeda, menyebrangi lautan menuju sebuah pulau yang bernama Pulau karampuang. SMP Negeri 5 memang terletak di pulau, meskipun masih dalam wilayah Kecamatan Mamuju. Menuju Ke Sekolah ini, hanya bisa ditempuh melalui jalur laut dengan perahu, jaraknya sekitar 2 km dari Kota Mamuju dengan waktu tempuh kisaran 15 menit. Semua guru-guru berdomisili di Kota Mamuju termasuk Kepala Sekolah, kecuali beberapa staf tinggal di Pulau Karampuang. Sekolah ini berdiri sejak tahun 2006 yang masih bernama Sekolah satu atap, dimana siswanya adalah semua warga pulau. 


 

Di pagi yang bening  di dermaga lawas, tempat yang kami sepakati bersama SRB yang lain yakni pak Kaharuddin, M.Pd dan pak Rahimunding, terlihat jelas Pulau Karampuang yang akan kami tuju sambil mengamati jejeran perahu dan para warga yang melintas menuju tempat pelelangan ikan. Kami Bertiga tiba lebih awal beberapa menit, sebelum kedatangan Bapak Sekretaris Dikpora Kab. Mamuju, Bapak A. Syahid Ilyas, S.Pd, M.Pd dan Kepala SMP Negeri 5 Mamuju Bapak Sholihin Abdurrahman, M.Pd.

Sebelum berangkat ke Pulau Karampuang kami menyempatkan berswafoto dengan Bapak Sekretaris Dikpora Kab. Mamuju dan Kepala SMP Negeri 5 Mamuju beserta dua rekan SRB Kab. Mamuju 2020. Awal menaiki perahu adalah sesuatu yang mengasyikkan dengan pemandangan alam yang melegakan perasaan, merasakan debur ombak, menatapi gunung dibelakang Kota Mamuju dan memandang lautan luas membentang.

Acara dibuka langsung oleh Bapak Sekretaris Dikpora Kab. Mamuju, sekaligus memberikan sambutan dan arahan, juga sepata kata dari Kepala SMP Negeri 5 Mamuju. Peserta sosialisasi adalah guru-guru dan beberapa peserta didik SMP Negeri 5 Mamuju, di awal materi saya menjelaskan apa itu Rumah Belajar dan seperti apa kiprahnya selama ini dalam menyajikan media-media pembelajaran yang menarik. Alhamdulillah peserta sosialisasi sangat serius mengikuti kegiatan sosialisasi kami, dilanjutkan dengan dialog-dialog yang akrab.

Terima Kasih buat Bapak Sekretaris Dikpora Kab. Mamuju, Bapak A. Syahid Ilyas, S.Pd, M.Pd

Terima Kasih buat Bapak Kepala SMP Negeri 5 Mamuju beserta Bapak Ibu Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Negeri 5 Mamuju 

Merdeka Belajar,  
Rumah Belajar Portalnya,  
Maju Indonesia

 #DRB2020
#RumahBelajar
#Pusdatinkemdikbud
#pembatiklevel4
#dutarumahbelajar
#pembatiklevel4sulbar
#gurupenggerak
 #guruberbagi
#merdekabelajar
#kemdikbud_ri
#sulbar
#indonesiamaju

















13 komentar: