Sosialisasi Rumah Belajar di SMP Negeri 3 Kalukku

 Setelah melakukan sosialisasi Rumah Belajar di beberapa Sekolah di wilayah Kecamatan Papalang, saatnya menyusuri wilayah Kecamatan Kalukku tepatnya di SMP Negeri 3 Kalukku yang terkenal dengan beberapa prestasi yang telah diraih. Sekolah yang dipimpin seorang srikandi yang berparas ayu bernama Sripuniati, S.Pd. Kepala Sekolah yang memiliki banyak prestasi ini berasal dari pulau Jawa sangat merespon dan mendukung penuh kami, ini mungkin tak lepas dari dorongan sang suami yang notabene adalah Duta Rumah Belajar Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2019 yaitu Bapak Hilman Paturusi, M.Pd.

Acara pembukaan sosialisasi di Sekolah ini dibuka langsung oleh Kepala SMP Negeri 3 Kalukku dan dihadiri oleh Bapak Pengawas dari Dikpora Kab. Mamuju, dilanjutkan dengan sambutan bahwa sebagai Tenaga Pendidik harus selalu siap menerima perubahan-perubahan khususnya yang berbau teknologi. Dalam sambutannya Ibu Sri, demikian biasanya Kepala Sekolah ini disapa, mengatakan bahwa Portal Rumah Belajar ini sangat bermanfaat bagi guru dan siswa, dimana Sekolah ini sudah memanfaatkan Portal Rumah Belajar sebagai strategi peningkatan mutu Sekolah, Portal Rumah Belajar ini juga kaya akan inovasi dan merupakan alternatif media pembelajaran yang sudah teruji. Oleh karena itu diharapkan kepada guru-guru untuk semangat mengikuti kegiatan ini dan memperdalam pengetahuannya tentang Portal Rumah Belajar terutama dalam memanfaatkan fitur-fitur pada Portal Rumah Belajar untuk membuat Video Pembelajaran.


 

Tampil sebagai pemateri dalam sosialisasi, saya dan rekan Sahabat Rumah Belajar Tahun 2020 yakni pak Kaharuddin, M.Pd dan pak Rahimunding masing-masing membawakan materi yang berbeda. Turut terlibat pula DRB Provinsi Sulawesi Barat 2019. Di awali dengan perkenalan para SRB yang dipandu langsung oleh Bapak Duta Rumah Belajar Provinsi Sulawesi barat, Bapak Hilman Paturusi, M.Pd. Kegiatan berbagi ini merupakan kolaborasi kami bertiga, dimana kami saling menimpali apabila ada yang belum jelas disampaikan. Tapi yang saya sosialisasikan dominan terkait perkenalan seputar pembelajaran berbasis TIK (pembaTIK) mulai dari level literasi, level implementasi, level kreasi dan level berbagi. Kedua rekan saya membawakan materi membuat video pembelajaran menggunakan kinemaster, ditambah dengan materi-materi pelengkap dari Bapak DRB Sulawesi Barat 2019.

Kegiatan ini sangat hidup dengan banyaknya tanya jawab yang muncul dari para guru terutama tentang video pembelajaran, semangat para guru semakin memuncak ketika Ibu Kepala SMP Negeri 3 Kalukku berjanji akan memberikan hadiah kepada guru yang berhasil membuat video pembelajaran yang menarik.

Alhamdulillah acara ini berjalan sangat lancar dan baik, berkat dukungan dari berbagai pihak. Kegiatan sosialisasi kami ditutup dengan makan siang bersama. Sampai jumpa di Sekolah berikutnya

Terima kasih kepada Kepala SMP Negeri 3 Kalukku

Terima Kasih kepada Pengawas Dikpora Kab. Mamuju, Bapak Irwan, M.Pd

Terima kasih juga kepada Bapak dan Ibu Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMP Negeri 3 Kalukku

Merdeka Belajar,  
Rumah Belajar Portalnya,  
Maju Indonesia



 








2 komentar: