Penggunaan Aplikasi dan Manajemen Pembelajaran Online di Salukayu dan Salumasa

 

Saat mentari pagi belum menampakkan wajahnya, kutunggangi motorku yang melaju dengan kencang. Kali ini Sekolah yang saya kunjungi adalah SMP Negeri 2 Papalang dan SMP Negeri 4 Papalang, Sekolah yang terletak di desa Salukayu dan desa Salumasa, Sekolah ini dipimpin oleh Bapak Ibrahim, S.Pd, M.Pd dan Bapak H. Hamzah, S.Pd, M.Pd. Dalam perjalanan, hujan turun meskipun tidak deras hanya berupa tetesan-tetesan kecil, dengan melewati jalan yang berkelok-kelok, bukit dan hutan di kanan kiri jalan. Perjalanan yang saya tempuh lumayan panjang, sekitar 70 km dari kota Mamuju, memakan waktu kisaran  satu setengah jam, namun tidak membuat semangatku serta merta menciut, justru sebaliknya. Mungkin karena saya pernah mengabdi selama 7 tahun di SMPN 2 Papalang sehingga ada keterikatan emosional.


 

Sekolah ini merupakan sekolah ketiga tempat kami berbagi, materi yang kami bawakan tentang pemanfaatan Portal Rumah Belajar  dan manajemen penggunaan aplikasi dalam pembelajaran, seperti biasa saya selalu berkolaborasi dengan rekan Sahabat Rumah Belajar 2020, Bapak Rahimunding serta didampingi oleh Duta Rumah Belajar Tahun 2019 Provinsi Sulawesi Barat, Bapak Hilman Paturusi, M.Pd.

Mengawali kegiatan sosialisasi ini Bapak Ibrahim, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa sebagai seorang Guru kita dituntut untuk terus mengembangkan diri melalui berbagai pelatihan-pelatihan terutama yang berkaitan dengan teknologi, sambutan dari Beliau sekaligus membuka kegiatan sosialisasi kami. Bapak DRB 2019 berperan sebagai moderator dan saya sebagai pemateri pertama memperkenalkan berbagai fitur-fitur yang ada pada Portal Rumah Belajar. Rekan saya bapak Rahimunding membawakan materi penggunaan aplikasi dalam pembelajaran, peserta sosialisasi sangat antusias mengikuti sosialisasi ini. Ditambah lagi Bapak DRB 2019 memberikan quis kepada para peserta.

Alhamdulillah kegiatan sosialisasi kami berlangsung dengan baik dan diakhiri dengan bincang-bincang ringan sambil mencicipi hidangan yang disajikan oleh para Guru dari Sekolah SMP Negeri 2 Papalang.

Terima kasih kepada Bapak Kepala SMP Negeri 2 Papalang

Terima kasih kepada Bapak Kepala SMP Negeri 4 Papalang 

Terima kasih kepada Bapak DRB tahun 2019 Provinsi Sulawesi Barat

Merdeka Belajar,  
Rumah Belajar Portalnya,  
Maju Indonesia

       



 









0 komentar:

Posting Komentar